Tiga Jurus Gemilang di Awal Kuliah

Mahasiswa. Wah, gelar "maha" terasa begitu agung didengar telinga. Auranya pun berbeda dibandingkan siswa. Nah, bagi teman-teman yang akan masuk ke dunia kuliah beberapa hal berikut layak di simak.
Pertama, mencari tempat tinggal.
Jika Anda terpaksa kuliah di kota yang jauh dari rumah, tentu harus mencari alternatif lain. Sebenarnya bisa saja jika Anda memaksakan diri pulang-pergi dari rumah ke tempat kuliah. Satu atau dua bulan mungkin masih sanggup.
          Namun, ketika tugas kuliah mulai menumpuk, bisa-bisa energi Anda akan terkuras habis di jalan. Apalagi jika waktu kuliah dari pagi hingga malam. Belum lagi jika ada tugas kuliah yang harus dikumpulkan esok hari.
         Paling tidak ada tiga alternatif untuk menyiasati hal ini. Pertama, tinggal bersama saudara yang lokasinya dekat tempat kuliah. Kedua, tinggal di asrama yang di sediakan oleh kampus. Ketiga, menyewa tempat kos. Jangan lupa, di mana pun Anda tinggal, pastikan tempat tersebut memiliki lokasi strategis dekat dengan kampus dan fasilitas seperti rental komputer, warnet, dan tempat fotokopi.

Kedua, Pergaulan.
Memasuki dunia kamous berarti bertemu dengan lingkungan yang benar-benar baru dan berbeda. Biasanya banyak mahasiswa yang terlena dengan euforia awal semester. Mereka merasa dunia kampus lebih bebas dibandingkan dunia sekolah.
           Seragam sudah tak digunakan, bebas memilih mata kuliah yang disukai, dan segala macam kebebasan lainnya. Hati-hati, jika salah bergaul, bisa-bisa awal semester nilai Indeks Prestasi (IP) Anda bernasib Nasakom (Nasib Satu Koma). Tentu agak sulit untuk mendongkrak Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di akhir kuliah nanti.
            Bergaul ketika baru masuk tentu bukan hal yang dilarang. Namun, sebaiknya Anda bijak memilih teman yang benar-benar asyik diajak bergaul dan asyik juga diajak berdiskusi dan belajar.

Ketiga, belajar di kampus.
Jika di sekolah biasa belajar dari buku dan guru sebagai satu-satunya sumber informasi, di kampus jelas berbeda. Cara belajar di kampus lebih asyik. Biasanya sebelum kuliah, Anda akan diberi silabus perkuliahan yang berisi hal-hal apa saja yang akan dipelajari selama satu semester dan buku apa saja yang akan dijadikan pegangan.
             Triknya di sini adalah Anda dapat mencari dan mempelajari buku acuan tersebut terlebih dahulu. Lalu, ketika dosen menerangkan, silakan bertanya hal-hal yang Anda anggap kurang jelas atau membingungkan.
            Biasanya, dosen menyukai mahasiswa yang aktif dan saja antusias mengikuti kuliahnya. Jika Anda sudah dikenal baik oleh dosen, perkara nilai bagus di akhir semester hanya tinggal menunggu waktu. Jadi, selamat menjadi "maha".

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar